Kamis, 10 Juli 2014

Games Training Menggambar Berantai

 
 TEAM BUILDING
Tujuan : melatih kerjasama dan usaha mengetahui pemikiran temannya
Alat bantu : kertas 2 lembar dan pensil untuk semua peserta
Ide simulasi : Setiap peserta memegang selembar kertas dan satu pensil. Peserta diminta memikirkan hendak menggambar apa dalam kertasnya. Lalu minta peserta mulai menggambarnya dalam waktu 15 detik. Sesudah 15 detik minta seluruh peserta menggeserkan kertasnya ke temannya yang ada di sebelah kanannya. Lalu setiap peserta diminta melanjutkan gambaran temannya tersebut. Proses pemutaran tersebut dilanjutkan hingga gambar kembali ke penggambar semula.
Refleksikan apakah gambar masing-masing berkembang sesuai dengan rencana keinginan penggambarnya semula ??
Mungkin ada gambar yang sesuai rencana atau lebih bagus atau bahkan menjadi rusak / tidak jelas.
Mainkan dua babak bahwa suatu kondisi ideal adalah setiap orang membayangkan apa tujuan gambar itu semula dan berusaha membuat gambar itu menjadi lebih baik (bukan malah jadi lebih jelek).
Simpulkan mengenai pentingnya memahami perasaan/niat orang lain.
Pembahasan :
Selama proses menggambar, mentor mengamati perkembangan gambar-gambar supaya mentor dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini kepada pemegang gambar yang tepat. Pertanyaan berikut didiskusikan dengan kelompok.
1.Pada waktu menambah gambar orang lain apakah mengerti tujuan gambar yang belum lengkap itu ?
2.Apakah yang ditambahkan tepat ?
Apakah gambar tamba baik atau tambah jelek ?
Kenapa demikian ?
3.Bagaimana perasaan pemilik gambar kalau gambarnya diubah ? Kenapa demikian ?
4.Bagaimana kalau gambar yang diterima sudah hampir lengkap ?
5.Bagaimana bila gambar yang diterima baru saja mulai ?
6.Apakah ada yang takut menambah ? Kenapa ?
7.Apakah ada yang merasa sulit menambah gambar ?
8.Apakah ada yang merasa mudah ? Kenapa ?
Kesimpulan :
Dari pembahasan tadi dapat ditarik beberapa kesimpulan tentang faktor-faktor yang menunjang kerjasama maupun faktor-faktor yang mengham-bat.

0 komentar:

Posting Komentar